5 Makanan Alami Penguat Sistem Imun Tubuh

 



1. Teh Hijau
Teh hijau itu mengandung antioksidan EGCG, yang dapatmengurangi risiko terkena berbagai jenis kanker. Susan Bowerman,asisten direktur di Center for Human Nutrition, University ofCalifornia, Los Angeles mengungkapkan “Fitonutrien pada teh jugamendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan”.
Menurutbeliau, fitonutrien bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan bakterijahat di saluran cerna seperti E.coli, Clostridium, dan Salmonella,sehingga kerja bakteri baik tidak terganggu. Ini penting dilakukankarena, 70% sistem imunitas tubuh berada di saluran cerna. Cukupkonsumsi 4 cangkir teh hijau sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

2. Cabai
“Cabaimerangsang metabolisme, bertindak sebagai pengencer darah alami danmembantu mengeluarkan endorphin”, ujar Gunnar Petersen, celebritytrainer bersertifikasi. Cabai juga kaya dengan beta karoten, yangmengubah vitamin A di dalam darah dan melawan infeksi.
Demikianjuga capsaicin yang bertugas menghambat neuropeptida (kimia yangmenyebabkan peradangan). Cabai pedas bahkan memiliki kandunganantikanker. Konsumsilah satu sendok makan cabai per hari untuk membantubadan tetap bugar.

3. Jahe
Berlawanan dengan apa yangdiyakini selama ini, jahe bukanlah akar, namun batang, yang berartimengandung senyawa hidup yang dapat meningkatkan kesehatan seseorang.Senyawa yang terkenal bermanfaat adalah gingerol, senyawa yang dapatmenekan kanker seperti yang ditunjukkan berbagai studi, efektif melawankanker kolon.
Gepraklahjahe segar, tambahkan ke dalam minuman atau makanan yang hendakdisantap. Semakin banyak konsumsinya akan semakin baik, Bisamenghangatkan badan juga lho dikala dingin.



4. Blueberi
“Buahkecil-kecil yang sangat ampuh ini dapat membantu mencegah berbagaipenyakit, mulai kanker hingga penyakit jantung”, ujar Ryan Andrews,direktur penelitian di Precision Nutrition, Toronto, Kanada.
Satupiring saji atau setara dengan 3,5 ons bluberi mengandung kandunganantioksidan lebih banyak dibandingkan buah apa pun. Campurkan denganlemon dan stroberi kemudian blender, maka akan menjadi makanan superyang ampuh memerangi berbagai penyakit.



5. Kayu Manis
Dikenalsebagai pemanis dan bumbu pelengkap untuk makanan India, kayu maniskaya antioksidan yang menghambat penggumpalan darah dan pertumbuhanbakteri (termasuk bau mulut yang bikin minder).
“Berbagaistudi juga menunjukkan bahwa kayu manis membantu menstabilkan guladarah, mengurangi diabetes tipe 2”, ujar pakar diet Nancy Clark,penulis buku Nancy Clark’s Sports Nutrition Guidebook (Human Kinetics,1996). Bonusnya, kayu manis dapat mengurangi kolesterol jahat. Cobalahsetengah sendok teh per hari, campurkan dalam minuman.

5 Makanan Alami Penguat Sistem Imun Tubuh 4.5 5 DimazRian 1. Teh Hijau Teh hijau itu mengandung antioksidan EGCG, yang dapatmengurangi risiko terkena berbagai jenis kanker. Susan Bowerman,asisten di...