Waspadai Es Batu Yang Anda Minum

 

Tentu kita merasa emoh, ogah, jijay atausebangsanya dan sejenisnya untuk meminum air di toilet. Tapi tahukahanda yang suka mengkonsumsi minuman+es batu di tempat jajanan bahwa esbatu yang mereka gunakan ternyata lebih kotor daripada apa yangterkandung di air toilet. Yiiieeekkkhhhh…..

Untuk mengadakan sebuah penelitian, tentu kitamemerlukan sample (alias objek penderita) sebagai perwakilan dari halyang akan kita teliti. Untuk kasus ini, mari kita pilih tempat jajanandisalah satu kota Jakarta sebagai objek penderita eh sebagai sampledari kasus ini (kebetulan Mia dapet hasil penelitian dari sebuah badanpenelitian kesehatan independen yang mengadakan penelitian apa aja yangterkandung di dalam es batu di beberapa tempat jajanan di Jakarta.Bahkan di cafe-cafe besar sekalipun!)




Di dalam penelitian mereka terungkap kasuses batu yang banyak digunakan di warung-warung seluruh Jakarta bahwa esbatu yang mereka gunakan ternyata berasal dari air sungai ciliwung yangkinclong banget warnanya itu. Pada awalnya mereka menggunakan zatpemutih agar air keliatan lebih jernih. Kemudian dimasukkan kedalampendingin dan jadilah peti-peti es yang besar dan bening. Awalnya esini hanya digunakan untuk mengawetkan makanan (ikan, buah dan sayuran)atau mendinginkan minuman botol pada kotak2 yang tidak memiliki sistemrefrigerator. Tapi sialnya, para penjaja makanan dan minuman di jakarta(bahkan warung-warung yang besar) menggunakan es ini pada minumandingin yang mereka jual.

Es teh manis, aneka juice, es campur, esdoger, dan lainnya yang membuat kita menelan ludah ketika melihatminuman ini kala terik menyengat. Setelah para peneliti mengambilsampel secara acak di beberapa penjual yang menggunakan es ini padaaneka minuman, dan kemudian mengetesnya di laboratorium, terbukti dalames itu mengandung bakteri E-COLI jauh diatas batas normal (10.000 –20.000 per 100 mL). Dengan kata lain es ini mengandung bakteri hampirsetara dengan (maaf) kotoran manusia. bakteri ini nih yang bikin kitamencret2 .

Tenyata badan kesehatan di Amerika pernahjuga mengadakan penelitian di negaranya sono tentang bahaya es batu ini(ternyata ga cuma di Indonesia aja yang mengalami kasus si es batu.thanks to detikhot for this news). Yang lebih hebatnya, penelitian initergerak oleh penelitian awal yang dilakukan oleh seorang anakperempuan berumur 12 tahun bernama Jasmine, untuk memenuhi salah satutugas sekolahnya. Penelitiannya ini mendapatkan penghargaan dandilanjutkan oleh peneliti-peneliti dari badan kesehatan Amerika untukmembuktikan kebenaran dari apa yang ditemukan oleh anak perempuan yangcerdas ini kepada masyarakat.

Penelitian di lakukan di beberapa warungcepat saji. Di penelitian tersebut membuktikan bahwa 70% es baturestoran siap saji lebih memiliki banyak kuman dibandingkan air toilet.(You must think twice to ask your drink with the ice from now)

Penelitian ini membuktikan dengan mengambilcontoh es batu dan air toilet dari lima restoran siap saji yang beradadi wilayah Florida Selatan. Setelah lengkap, ia melakukan pengecekanbakteri dari contoh es batu dan air toilet itu di University of SouthFlorida . Dari hasil tes positif ditemukan bakteri E.coli yang biasanyaterdapat dari sisa air pembuangan yang menyebabkan timbulnya beberapajenis penyakit.

“Bakteri ini seharusnya tak berada di dalames batu. Jasmine membantu kita memperingatkan adanya bahaya kesehatanyang bisa disebabkan oleh es batu ini,” ungkap Dr. David Katzkomtributor masalah kesehatan ‘Good Morning Amerika’ seperti dilansirdetikhot dari ABC News. Es batu tersebut dinilai lebih kotor dari airtoilet karena mesin es batunya tidak bersih dan orang menggunakantangan yang kotor untuk mengambil es. Sedangkan air toilet dinilailebih bersin karena berasal dari sumber air yang telah melalui prosespenyaringan

Jadi, mulai sekarang berhati-hatilah dalammengkonsumsi minuman yang memakai es batu. Karena siapa yang tahu esyang mereka pakai berasal dari air apa dan apakah prosesnya steril atautidak. Jika masih ga bisa menahan godaan dari si es batu ini, adabaiknya bikin sendiri es batu ini. Kalau kita sendiri yang membuatnya,tentu kita ga akan memakai air yang kotor bukan???

Waspadai Es Batu Yang Anda Minum 4.5 5 DimazRian Tentu kita merasa emoh, ogah, jijay atausebangsanya dan sejenisnya untuk meminum air di toilet. Tapi tahukahanda yang suka mengkonsumsi minu...