Tips Menghadapi Polisi Jalan Raya Agar Tidak Kena Tilang

 

Bagipengendara kenderaan bermotor hal yang paling menyebalkan selainkemacetan yang berjam-jam di jalan adalah ditangkap polisi. Apalagipara polisi banyak yang suka mengada-ada peraturan. Ada yang lagi jualrumah dan sudah pengen cepat nyampe tujuan karena sudah ditunggu olehcalon pembeli untuk rumah dijual nya, eh malah ditangkap polisi! Pastibikin BT banget dech. Berbagai jurus akan dikeluarkan polisi darialasan:”jalan ini one way dari pagi sampai jam 10.00 padahal tidak adarambunya” atau kalau bapak mau lurus, tidak boleh ambil paling kiri,padahal tidak ada rambu yang menandakan bahwa kiri harus belok kiri”.

Duaalasan tersebut paling sering terjadi. Contoh untuk yang pertama:banyak polisi yang mangkal persis di seberang jalan di depan bakmiJakpos Jakarta Selatan dan banyak sekali yang ditangkap dengan alasankalau jalan tersebut adalah one way dipagi hari. Padahal disana tidakada rambu one way kalau dipagi hari. Tapi polisi tidak mau tau dan akanmengeluarkan berbagai gertakan nya supaya anda takut untuk kepersidangan.

Untuk contoh kedua adalah di sepanjang gunungsahari dari Harmoni sampai ke Mangga Dua. Banyak sekali polisi yangmangkal disana. Coba saja anda mengambil jalur paling kiri atau palingkanan tetapi ternyata anda tidak membelok (lurus kedepan). Dijaminpasti anda akan di stop polisi.

Dan sudah menjadi rahasia umumbahwa banyak dari kita yang memilih jalur ‘damai’ daripada ditilang danke pengadilan. Sebenarnya bukan karena kita cinta ‘damai’, tetapi gamau ribet atau ga ada waktu ke pengadilan. Bagi yang tidak maumengeluarkan duit, bisa dicoba tip-tip anti tilang dibawah ini dantrik-trik ini TIDAK PERNAH GAGAL!


RAHASIA ANTI TILANG #1: Saya anak jendral!

Trikni merupakan trik yang paling umum. Saya anak jendral bisa juga diganti dengan saya saudara Pak xxx dan disertai dengan penyelipan kartunama pejabat kepolisian. Dalam menjalani trik ini, anda harus bisamemasang tampang sok yakin dan percaya diri, disertai dengan berbicaradengan suara lantang, agak sok, dan yang pasti penuh keyakinan.

Contoh Skenario:

Polisi: “Selamat pagi, ibu telah melanggar pasal sekian karena sekian-sekian”
Anda: “YA SUDAH! YA SUDAH! TILANG SAJA SAYA SEKARANG! AYO CEPAT! TILANG SAJA!”
Polisi: “HMMMM?maaf bu, memangnya ibu..siapa ya?”
Anda: “NGAPAIN TANYA-TANYA SIAPA AKU! KALAU KAU MAU TILANG, YA TILANGLAH SANA!”
Polisi: “Maaf bu, ibu kenal siapa?”
Anda: “MEMANGNYA KALAU AKU KENAL SIAPA-SIAPA KENAPA? HAH? MAU KAU TILANG LEBIH BESAR LAGI? HAH?”
Polisi: “Engga bu, lain kali hati-hati ya”

Mengapatrik ini tidck per.ah gagal? Sebenarnya trik ini merupakan teknik yangdalam ilmu ps)kolooi disebut dengan reverse psychology, dimanaseseorang melakukan persuasi dalam mengarahkan lawan bicara denganmelakukan hal yang justru tidak diinginkan oleh lawan bicara. Menyuruhpak polisi untuk menilang dengan lantang akan memicu reaksi tersendiridalam diri Pak Polisi, yaitu respon negatif saat menanggapi sebuahpersuasi, sehingga bertindak justru kebalikan persuasi yang diberikan(melepaskan dan tidak menilang).

Teori psikologi ini berasaldari abad kuno Indonesia, dan dalam masyarakat dulu lebih dikenaldengan sebutan gertak sambal yang artinya sebenarnya kita hanyamenggertak. Jadi seseorang sebenarnya tidak mempunyai kekuatan ataukekuasaan yang dia miliki tetapi dia hanya membual. Semakin yakin danpercaya tindakan anda, lawan bicara semakin ragu akan kemampuan nyasendiri dan tidak berani mengambil risiko untuk melawan kita.

Karenaseringnya digunakan, diperlukan kehati-hatian dalam melaksanakan trikini. JANGAN BERBOHONG adalah kunci sukses keberhasilan. Itu termasuk:jangan mengaku saudara jika bukan saudara dan jangan memberi nomortelpon yang tidak bisa dihubungi. Ingat, kegagalan dan gerak-gerikkurang meyakinkan akan menimbulakn kecurigaan dan bisa berbuah tilangyang lebih berat!


RAHASIA ANTI TILANG #2: Saya lagi banyak masalah, Pak!

HATI-HATI!TRIK INI MEMBUTUHKAN LATIHAN AKTING! Sebenarnya trik ini lebih cocokuntuk orang yang mempunyai kemampuan berakting. Begitu diberhentikanpolisi, anda sudah harus mulai penjiwaan. Segera telengkupkan tangan,basahi mata dengan air mata buaya supaya kelihatan habis menangis dantarik ulur ingus untuk lebih meyakinkan lagi kalau anda menangis.Sepanjang interogasi, usahakan kontak mata sesedikit mungkin dengan PakPolisi, gerakkan tangan menutup muka seperti sedang depresi akan lebihmeyakinkan lagi.

Skenario :

“Maaf bu, ibu melanggar pasal sekian karena sekian-sekian”
“Aduh, teserah deh, pak, bapak mau nilang saya apa gimana teserah deh,”
“Memangnya ibu kenapa?”
“Aduh, ga usah nanya-nanya deh Pak, saya lagi pusing banyak masalah nih!”
“Emang Msalah ibu apa?”
“Pokoknyasaya lagi pusing banyak masalah! Makanya saya ga lihat tadi tuh lampumerah di depan soalnya pikiran saya kusut! Jadi teserah deh kalau bapakmau nilang saya?” Diucapkan dengan nada frustasi dan diakhiri dengansuara lirih dan nada gantung.
“Duh, ada yang bisa saya bantu kalau lagi ada masalah?”
“Ga bisa! Bapak ga bisa bantu saya!” terkesan mau nangis, “Ga ada yang bisa bantu SAAYAA!” menangis histeris.
“Ya uda lha kalau ibu lagi banyak masalah, lain kali hati-hati ya”

Mengapatak pernah gagal? Karena orang jahat selalu menang, dan ini adalahteknik yang sangat jahat. Trik ini memanfaatkan sisi baik dari seorangPolisi. Manusia pada dasarnya mempunyai hati nurani yang bisa merasakasihan terhadap orang lain. Tidak ada manusia yang lahir tanpa empatiakan kesusahan manusia lain walapun hanya setitik tetap saja ada rasaibanya. Apalagi seorang Polisi yang diharapkan menjadi pamongmasyarakat.

Taktik ini memang masih jarang digunakan karenamembutuhkan penghayatan yang mendalam dan susah meyakinkan si polisi,salah-salah malah ditilang lebih berat. Ditambah juga orang-orangbanyak yang berpikiran bahwa polisi pasti akan lebih memilih duitdaripada rasa iba, apalagi polisi jaman sekarang. Sekali dipakai,tentunya para polisi akan selalu terkenang-kenang. Ibaratnya sekalilancung ke ujian, seumur hidup orang tak percaya. Bisa-bisa bagianskenario tadi dipotong menjadi:
“Ahhh!! Udah! Udah! Ga usah pura-pura! Kemarin uda ada yang pake tuh! Ibu-ibu!”


RAHASIA ANTI TILANG #3: Saya mahasiswa hukum, lho!

Walaupunanda bukanlah seorang mahasiswa hukum, tidak perlu ragu-ragu dalammemakai trik ini hanya karena judulnya. Siapa saja bisa memakai trikini bahkan yang bukan mahasiswa hukum benaran. Cukup kemampuan pers5asi�dan kegigihan mempertahankan kasus macamnya pengacara artis.

Skenario:

“Mbak melanggar pasal sekian karena sekian-sekian”
“Aduh,maaf, Pak, soalnya rambu-nya nggak kelihatan, ketutupan pohon tuchlagian saya itu baru pertama kali lewat sini, jadi saya kurang pahamsama jalanannya”
“Ya tapi nggak bisa gitu dong, Mbak tetap melanggar dan harus ditilang”
“Wah,nggak bisa langsung ditilang gitu, pak! Kan saya sudah bilang tadialasannya, rambunya tidak kelihatan karena ketutupan pohon, jadisebenarnya kesalahan bukan di pihak saya. Saya ini mahasiswa hukum lho,pak! Masyarakat sadar hukum! Saya tahu benar pasal-pasal danpenerapannya, bahwa kalau pelanggaran karena rambu yang tidak jelas,tidak bisa dikenakan sanksi!”
“Memang aturannya seperti itu kok, melanggar ya kena sanksi!”
“Nahh,itu dia, apalagi saya tadi sudah minta maaf karena pertama kali lewat.Saya ini mahasiswa hukum, Pak, jadi saya tahu aturan persidangan. Sayajelas tidak bersalah karena saya tidak diinformasikan sebelumnya bahwaapa yang saya lakukan itu salah. Rambu tidak jelas. Saya pertama lewat.Siapa yang bisa memberi tahu saya?”
“Justru ini saya stop dan saya beritahu, Mbak melanggar!”
“Benarsekali, terimakasih, Pak, tugas seorang polisi memang untuk membimbinganggota masyarakatnya agar patuh peraturan. Karena itu sekarang sayajadi tahu disini ga boleh belok, dan lain kali tidak melanggar.”
“Tapi yang ini tetap ditilang!”
“Wah,saya yakin bapakpun sebagai penegak hukum juga belajar hukum sepertisaya di fakultas hukum. Pelanggaran kali ini tidak kena tilang, pak,tapi berikutnya jika saya melanggar lagi, saya harus ditilang. “
“Ya sudah ngomong sana di sidang tilang!”
“Sekalilagi pak, saya ini sudah hampir lulus dari fakultas hukum, berarti sayamenguasai materi hukum! Coba bapak liat klo ga percaya, ini kartumahasiswa saya, FAKULTAS HUKUM angkatan tahun ini lulus. Menurut yangsaya pelajari, tidak semua pelanggaran harus masuk tahap persidangan,jika sudah diberikan alasan yang valid atas pelanggaran. Saya sudahmemberikan alasan saya. Saya bahkan tidak menyalahkan aparat yangmeletakkan rambu di tempat yang tidak terlihat.”

“Ya sudah sana pergi!”

Mengapatak pernah gagal, sekali lagi ada hubungan psikologi manusia dengantrik ini. Secara psikologi, orang tidak suka mendengar suara keras yangmemekakan telinga terus menerus atau omlean repetan orang yang panjanglebar. Nah Polisi itukan juga manusia, yang pasti akan terganggumendengar rentetan alibi tak henti oleh suara yang tak enak didengar.Dalam pikiran polisi, lebih bagus saya mencari mangsa yang laindaripada menghabiskan waktu dengan yang satu ini.

Trik-trikdiatas bukan lah bermaksud untuk menghina lembaga kepolisian. Poisimemang sudah ada perbaikan dan banyak juga diantara kita yang sudahmenikmati buah reformasi birokrasi saat mengurus SIM, surat tabrakandan ditilang. Ramah-cepat-tidak mahal. Trik-trik diatas justru ditulisagar pihak kepolisian dapat menghindari orang-orang yang suka ngemplangtilang.
Tips Menghadapi Polisi Jalan Raya Agar Tidak Kena Tilang 4.5 5 DimazRian Bagipengendara kenderaan bermotor hal yang paling menyebalkan selainkemacetan yang berjam-jam di jalan adalah ditangkap polisi. Apalagipara ...