Teori Segitiga Bermuda dan Peristiwa Besar Yang Terjadi Di Sana

 

SegitigaBermuda (bahasa Inggris: Bermuda Triangle), terkadang disebut jugaSegitiga Setan adalah sebuah wilayah lautan di Samudra Atlantik seluas1,5 juta mil2 atau 4 juta km2 yangmembentuk garis segitiga antara Bermuda, wilayah teritorial BritaniaRaya sebagai titik di sebelah utara, Puerto Riko, teritorial AmerikaSerikat sebagai titik di sebelah selatan dan Miami, negara bagianFlorida, Amerika Serikat sebagai titik di sebelah barat.

Segitiga bermuda sangat misterius. Sering ada isu paranormal di daerah tersebut yang menyatakan alasan dariperistiwa hilangnya kapal yang melintas. Ada pula yang mengatakan bahwasudah menjadi gejala alam bahwa tidak boleh melintasi wilayah tersebut.Bahkan ada pula yang mengatakan bahwa itu semua akibat ulah makhlukluar angkasa


Sejarah awal


Padamasa pelayaran Christopher Colombus, ketika melintasi area segitigaBermuda, salah satu awak kapalnya mengatakan melihat “cahaya anehberkemilau di cakrawala”. Beberapa orang mengatakan telah mengamatisesuatu seperti meteor. Dalam catatannya ia menulis bahwa peralatannavigasi tidak berfungsi dengan baik selama berada di area.

serem bedh tampang nya yah..
senyum dung pak ! hehee



Berbagai peristiwa kehilangan di area tersebut pertama kali didokumentasikan pada tahun 1951 oleh E.V.W. Jonesdari majalah Associated Press. Jones menulis artikel mengenai peristiwakehilangan misterius yang menimpa kapal terbang dan laut di areatersebut dan menyebutnya ‘Segitiga Setan’. Hal tersebut diungit kembalipada tahun berikutnya oleh Fate Magazine dengan artikel yang dibuatGeorge X. Tahun 1964, VincentGeddis menyebut area tersebut sebagai ‘Segitiga Bermuda yang mematikan’, setelah istilah ‘Segitiga Bermuda’ menjadi istilah yang biasa disebut.
Penjelasan yang meragukan


* Tanggapan beberapa orang


Perusahaanasuransi laut Lloyd's of London menyatakan bahwa segitiga bermudabukanlah lautan yang berbahaya dan sama seperti lautan biasa di seluruhdunia, asalkan tidak membawa angkutan melebihi ketentuan ketika melaluiwilayah tersebut. Penjaga pantai mengkonfirmasi keputusan tersebut.Penjelasan tersebut dianggap masuk akal, ditambah dengan sejumlahpengamatan dan penyelidikan kasus.

* Gas Methana

Penjelasanlain dari beberapa peristiwa lenyapnya pesawat terbang dan kapal lautsecara misterius adalah adanya gas methana di wilayah perairantersebut. Teori ini dipublikasikan untuk pertama kali tahun 1981 olehBadan Penyelidikan Geologi Amerika Serikat. Teori ini berhasil diujicoba di laboratorium dan hasilnya memuaskan beberapa orang tentangpenjelasan yang masuk akal seputar misteri lenyapnya pesawat-pesawatdan kapal laut yang melintas di wilayah tersebut.



* Penjelasan lain

Adayang mengatakan Segitiga Bermuda disebabkan karena tempat tersebutmerupakan pangkalan UFO sekelompok mahkluk luar angkasa/alien yangtidak mau diusik oleh manusia,sehingga kendaraan apapun yang melewatiteritorial tersebut akan terhisap dan diculik. Ada yang mengatakanbahwa penyebabnya dikarenakan oleh adanya sumber magnet terbesar dibumi yang tertanam di bawah Segitiga Bermuda,sehingga logamberton-tonpun dapat tertarik ke dalam. Dan bahkan ada yang mengatakanSegitiga Bermuda merupakan pusat bertemunya antara arus air dingindengan arus air panas,sehingga akan mengakibatkan pusaran air yang besar/dasyat.


* Teori Lorong Waktu

Menurutbeberapa peneliti,mungkin dikawasan ini terdapat sebuah gangguanatmosfir di udara berupa lubang di langit.Ke lubang itulah pesawatterbang masuk tanpa sanggup untuk keluar lagi. Dari misteri "Lubang diLangit" ini membentuk sebuah teori tentang adanya semacam perhubunganantara dunia dengan dimensi lain. lubang di Langit itu dianggap semacamalat transportasi seperti tampak di film Star Trek. Ataukah bentukLubang di Langit itu UFO? Orang sering menghubungkan hilangnya pesawatkita dengan munculnya UFO. Lantas, apakah hilangnya mereka itu karenadiculik oleh UFO? Malah hasilnya hanya mendapat pertanyaan tanpajawaban.

* Blue Hole

Konondi dasar laut segitiga bermuda terdapat semacam lubang/gua dasarlaut,dulu gua ini memang sungguh ada, tetapi setelahjaman es berlalu,gua ini tertutup.Arus didalamnya sangat kuat dan sering membuat pusaranyang berdaya hisap. banyak kapal-kapal kecil atau manusia yang terhisapke dalam blue hole itu tanpa daya,dan anehnya kapal-kapal kecil yangterhisap itu akan muncul kembali ke permukaan laut selang beberapalama. Tapi yang menimbulkan pertanyaan ialah: Mungkinkah Blue Hole inisanggup menelan kapal raksasa ke dasar lautan ?


* Misteri Lidah Lautan

KawasanSegitiga bermuda sering juga disebut sebagai Tongue of the Ocean atauLidah Lautan.Lidah Lautan mempunyai jurang bawah laut (canyon).Adabeberapa peristiwa kecelakaan di sana. Tidak banyak yang belumdiketahui tentang Segitiga Bermuda, sehingga orang menghubungkanmisteri Segitiga Bermuda ini dengan misteri lainnya. Misalnya sajamisteri Naga Laut yang pernah muncul di Tanjung Ann, Massachussets AS,pada bulan Agustus 1917. Mungkinkah naga laut ini banyak memintakorban? Ataukah arus Cromwelldi Lautan Pasifik yang menyebabkan adanya gelombang lautan disitu atauangin topan, gempa bumi di dasar lautan? hanya Tuhan yang tahu


* Misteri Makhluk Sargasso

Misterilain yang masih belum terungkap adalah misteri Makhluk Laut Sargasso,yang bukan semata-mata khayalan. Di Lautan Sargasso,banyak kapal yangtak pernah sampai ke tujuannya dan terkubur di dasar laut. Di sanaterhimpun kapal-kapal dari berbagai jaman, harta karun, mayat tulangbelulang manusia. Luas Laut Misteri Sargasso ini 3650 km untuk panjangdan lebarnya 1825 km, dan di sekelilingnya mengalir arus yang kuatsekali, sehingga membentuk pusaran yang sangat luas yang berputarperlahan-lahan searah jarum jam. Didasar lautnya terdapat pegununganyang banyak dan mempunyai tebing dan ngarai yang terjal.


* Angin Puting Beliung

Mungkindi area ini sering terjadi badai laut yang mungkin bisa membentuk suatupusaran angin yang dapat menyebabkan hancurnya sebuah pesawat terbangkarena terhempaskan.

Meskipunbeberapa teori dilontarkan, namun tidak ada yang memuaskan sebabmunculnya tambahan seperti benda asing bersinar yang mengelilingipesawat sebelum kontak dengan menara pengawas terputus dan pesawatlenyap.

Peristiwa-peristiwa terkenal


Penerbangan 19


Salahsatu kisah yang terkenal dan bertahan lama dalam banyaknya kasusmisterius mengenai hilangnya pesawat-pesawat dan kapal-kapal yangmelintas di segitiga bermuda adalah Penerbangan 19. Penerbangan 19merupakan kesatuan angkatan udara dari lima pesawat pembom angkatanlaut Amerika Serikat.


Penerbanganitu terakhir kali terlihat saat lepas landas di Fort Lauderdale,Florida pada tanggal 5 Desember 1945. Pesawat-pesawat pada Penerbangan19 dibuat secara sistematis oleh orang-orang yang ahli penerbangan dankelautan untuk mengahadapi situasi buruk, namun tiba-tiba dengan mudahmenghilang setelah mengirimkan laporan mengenai gejala pandangan yanganeh, dianggap tidak masuk akal.

Karenapesawat-pesawat pada Penerbangan 19 dirancang untuk dapat mengapung dilautan dalam waktu yang lama, maka penyebab hilangnya dianggap karenapenerbangan tersebut masih mengapung-apung di lautan menunggu laut yangtenang dan langit yang cerah.


Setelahitu, dikirimkan regu penyelamat untuk menjemput penerbangan tersebut,namun tidak hanya pesawat Penerbangan 19 yang belum ditemukan, regupenyelamat juga ikut lenyap. Karena kecelakaan dalam angkatan laut inimisterius, maka dianggap “penyebab dan alasannya tidak diketahui”.


Raibnya KC-135 di Segitiga Bermuda
Hilangnyadua tanker tambun KC-135 AU AS di 900 mil sebelah timur-laut Miami pada1963 menambah pekat misteri Segitiga Bermuda. Akibat vile vortices,magnetisme, atau proyek rahasia AS?


Tanker KC-135 Tanker tambun seperti inilah yang hilang
di atas perairan Segitiga Bermuda pada 1963./Foto: NASA


Hari itu, Rabu, tanggal 28 Agustus 1963. Sebagimana tugas rutinlainnya,dua pemasok bahan bakar di udara KC-135 siap diminta terbangkemana saja. Dan, siang hari itu tanpa beban firasat apa-apa, keduanyamelenggang begitu saja setelah mendapat perintah terbang ke arah LautanAtlantik. Dengan 25.000 galon bahan bakar jet beroktan tinggidiperutnya, mereka ditugasi mengisi bahan bakar ke sejumlah pesawatmiliter AS di udara. Lepas landas dari pangkalannya di Lanud Homestead,Florida, dengan kecepatan jelajah 600 mil per jam, keduanya lalumengejar buruannya masing-masing ke lokasi yang telah ditentukan.Kontak radio terjadi ketika pilotnya melapor posisi pada 900 milsebelah timur-laut Miami, kira-kira tengah hari. Namun setelah itukedua tanker sehaga empat juta dollar ini seolah ditelan langit. Keduapesawat dengan 11 awaknya tersebut tiba-tiba raib begitu saja.

Setelahmenara Homestead menunggu hingga batas waktu kedatangan (ETA) pada jam14.00 waktu setempat keduanya tak muncul, notam bahwa keduanya hilangdalam tugas pun disebar. Satu-satunya jejak awal yang berhasil didapatadalah laporan dari pilot KC-135 lainnya yang telah lebih dulumendarat. Pilotnya mengatakan bahwa mereka sempat berpapasan di udarasekitar pukul 15.00 waktu setempat. Mereka lenyap begitu saja setelahmengisi tanki dua pembom jet B47 milik AU AS di atas Atlantik.

Mengantisipasiraibnya kedua stratotanker, pihak Lanud Homestead pun segeramengerahkan upaya pencarian. Sekitar 24 pesawat dikerahkan ke 900 milsebelah timur-laut Miami, lokasi dimana kontak terakhir itu terjadi.Tetapi hingga tengah malam tak sebuah pecahan dan benda yangmencurigakan ditemukan. Keesokan harinya, upaya pencarian kembalidikerahkan. Kali itu kekuatan dilipatgandakan, dan empat kapal pencariPasukan Pengaman Pantai AS (US Coast Guard) ikut mendukung. Namunhasilnya tetap sama saja. Nihil. Sesuai prosedur, untuk sementara upayapencarian dihentikan dan laporan mengenai hilangnya kedua KC-135 pundisiarkan ke berbagai pihak. Termasuk ke berbagai media penerbitan dansiaran televisi.

Diluar dugaan, dua hari setelah kejadian,sebuah pesawat milik AU AS tiba-tiba melihat jejak terhampar di lautmasih di sekitar posisi yang dicurigai. Dan setelah dihampiri, ternyatadi sana mereka menemukan helm pilot, life jacket, kartu navigasi, panelkokpit, dan peralatan lain yang diyakini sebagai ceceran KC-135 yangnahas. Tak berapa lama kemudian ditemukan lagi ceceran lain yang didugamilik KC-135 kedua. Karena jarak ceceran yang satu dengan yang lainsekitar 160 mil, teori yang mengatakan bahwa kedua pesawat bertabrakandi udara seperti yang santer dibicarakan pun ‘gugur’.

Lalu apayang menyebabkan kedua pesawat sama-sama hancur dalam waktu yang didugabersamaan pada jarak yang lumayan agak berjauhan? Teori kerusakan mesinsulit sekali diterima mengingat tingkat koinsidensinya kecil sekali.Faktor eksternal-kah?


Kronologi dari beberapa peristiwa terkenal

* 1840: HMS Rosalie
* 1872: The Mary Celeste, salah satu misteri terbesar lenyapnya beberapa kapal di segitiga bermuda
* 1909: The Spray
* 1917: SS Timandra
*1918: USS Cyclops (AC-4) lenyap di laut berbadai, namun sebelumberangkat menara pengawas mengatakan bahwa lautan tenang sekali, tidakmungkin terjadi badai, sangat baik untuk pelayaran
* 1926: SS Suduffco hilang dalam cuaca buruk
* 1938: HMS Anglo Australian menghilang. Padahal laporan mengatakan cuaca hari itu sangat tenang
* 1945: Penerbangan 19 menghilang
* 1952: Pesawat British York transport lenyap dengan 33 penumpang
* 1962: US Air Force KB-50, sebuah kapal tanker, lenyap
* 1970: Kapal barang Perancis, Milton Latrides lenyap; berlayar dari New Orleans menuju Cape Town.
* 1972: Kapal Jerman, Anita (20.000 ton), menghilang dengan 32 kru
* 1976: SS Sylvia L. Ossa lenyap dalam laut 140 mil sebelah barat Bermuda.
* 1978: Douglas DC-3 Argosy Airlines Flight 902, menghilang setelah lepas landas dan kontak radio terputus
* 1980: SS Poet; berlayar menuju Mesir, lenyap dalam badai
* 1995: Kapal Jamanic K (dibuat tahun 1943) dilaporkan menghilang setelah melalui Cap Haitien
* 1997: Para pelayar menghilang dari kapal pesiar Jerman
* 1999: Freighter Genesis hilang setelah berlayar dari Port of Spain menuju St Vincent.

Tambahan :

Padaprinsipnya, wilayah di segitiga bermuda ini sudah dapat ditelaah secarasains. Wilayah ini merupakan pertemuan terbesar arus panas dan arusdingin. Pertemuan ini tidak hanya menghasilkan medan energi kinetisdengan kekuatan yang luar biasa. Konon, apabila medan energi ini bisadiberdayakan, maka disinyalir dapat menjadi sumber energi yang paling bersih dantanpa batas. Permasalahannya, banyak pihak yang mengetahui masihmenutup diri terhadap rahasia di balik wilayah ini. Pertanyaannya juga,mengapa mesti disebut segitiga?
sumber :


- www.id.wikiedia.com
- www.yasirmaster.blogspot.com
- www.supermilan.wordpress.com
Teori Segitiga Bermuda dan Peristiwa Besar Yang Terjadi Di Sana 4.5 5 DimazRian SegitigaBermuda (bahasa Inggris: Bermuda Triangle), terkadang disebut jugaSegitiga Setan adalah sebuah wilayah lautan di Samudra Atlantik se...