Sejarah Asal Usul Gay dan Waria Sampai Sekarang

 

Andamungkin sudah sering sekali mendengar kata Waria/ banci, tetapisudahkah anda tahu arti dari kata tersebut dan dari manakah waria /banci berasal?, dan pernahkah hal tersebut terlintas dipikiran anda?.Coba anda simak artikel saya di bawah ini.

Sejarah

Sebenarnyakita tidak tahu sejak kapan tepatnya penyimpangan gender terjadi, akantetapi sejak dahulu manusia memang sudah melakukan penyimpangan ataupenyeberangan gender serta manjalin hubungan antara sesama jenis.Penyimpangan gender dan hubungan sesama jenis sudah sering dibahas didalam kitab suci, dan cerita sejarah.

Dalam berbagai penelitianyang dilakukan, peristiwa atau lokasi kejadian diazabnya umat Luth ASini adalah di Kota Sodom, di daerah yang sekarang dikenal dengan namaLaut Mati atau di danau Luth yang terletak di perbatasan antara Israeldan Yordania.

Ajakan Nabi Luth ini justru ditolak oleh umatnya.Bahkan, tatkala Allah SWT mengutus dua orang malaikat dalam wujudmanusia kepada Nabi Ibrahim dan Luth (QS Adz-Dzaariyaat [51]: 32, Hud[11]: 62-81), mereka malah meminta Luth untuk menyerahkan kedua tamunyaitu untuk dinikahkan kepada mereka. Lalu, Allah menghancurkan umat Luthini akibat perbuatannya.

PEnyimpangan Seksual ini juga terjadidi kota Pompei, Italia.Tercatat dari sejarah dan bekas - bekas mayatyang tertinggal karena letusan gunung Vesuvius, Mayat - Mayat yangtelah menjadi fosil itu ditemukan saat berhubungan badan dengan sesamajenis.

Padatahun 1869, dokter Dr K.M. Kertbeny yang berkebangsaan Jerman-Hongariamenciptakan isitilah homoseks atau homoseksualitas. Homo sendiriberasal dari kata Yunani yang berarti sama, dan seks yang berarti jeniskelamin. Istilah ini menunjukkan penyimpangan kebiasaan seksualseseorang yang menyukai jenisnya sendiri , misalnya pria menyukai priaatau wanita menyukai wanita.

Padaabad ke 20 semakin banyak homo atau bahasa gaulnya Maho-mahobermunculan, sehingga munculnya komunitas homoseksual di kota-kotabesar di Hinda-Belanda sekitar pada tahun 1920an.

1968
Sekitarpada tahun 1968 mulai dikenal isitilah wadam yang diambil dari katahawa dan adam. Kata wadam menunjukkan seseorang pria yang mempunyaiprilaku menyimpang yang bersikap seperti perempuan.

1969
Padatahun 1969 di New York, Amerika berlangsung Huru-hara Stonewall ketikakaum waria dan gay melawan represi polisi yang khususnya terjadi padasebuah bar bernama Stonewall Inn. Perlawanan ini merupakan langkah awaldari Waria dan Gay, dalam mempublikasikan keberadaan mereka.

Padatahun yang sama mulai muncul organisasi Wadam yang bernama HimpunanWadam Djakarta (HIWAD). Organisasi tersebut merupakan organisasi Wariapertama di Indonesia yang terletak di Jakarta. Organisai tersebutberdiri dan difasilitasi oleh Gubernur DKI Jakarta Raya, Ali Sadikin.
1978
International Lesbian and Gay Association OLGA) berdiri di Dublin, Irlandia

±1980:

Istilahwadam diganti menjadi waria karena keberatan sebagian pemimpin Islam,karena mengandung nama seorang nabi, yakni Adam a.s.
1981:
Munculnya gejala penyakit baru yang kemudian dinamakan AIDS.Penyakit ini pertama kali ditemukan di kalangan gay di kota kota besarAmerika Serikat, Kemudian ternyata diketahui bahwa HIV adalah viruspenyebab AIDS. Penularan HIV / AIDS pertama kali ditularkan melalui hubungan seks anal antara laki laki.

1982 - sekarang

Padatahun 1982 muncullah Organisasi gay terbuka, yang merupakan organisasiGay terbuka yang pertama di Indonesia, setelah itu diikuti denganorganisasi lainnya seperti : Persaudaraan Gay Yogyakarta (PGY)(Indonesian Gay Society (IGS)), dan GAYa NUSANTARA (GN) (Surabaya).Setelah banyaknya kemunculan-kemunculan tersebut, organisasi Gay mulaimenjamur diberbagai kota besar seperti di Jakarta, Pekanbaru, Bandungdan Denpasar, Malang dan Ujungpadang. Tentunya hal ini cukup meresahkandan mengkhawatirkan masyarakat terutama organisasi-organisasi Islam diIndonesia.

Masalah HAM


Setelahbanyaknya kemunculan Organisasi Gay diberbagai belahan dunia, makamulailah diperdebatkan masalah HAM tentang banci, dan Gay. Pada tahun1993 : Isyu orientasi seksual masuk dalam agenda Konferensi PBB tentangHak Asasi Manusia di Wina, Austria, tetapi ditentang oleh negara negarakonservatif, termasuk Singapura. Walaupun begitu, pada tahun 1990 diAmerika, San Fransisco mulai berdiri organisasi Internasional Gay andLesbian Human Rights Commission (IGLHRC).

Pada tahun 1994 Isyuorientasi seksual kembali mewarnai perdebatan pada KonferensiInternasional Kependudukan dan Pembangunan (ICPD, Kairo, Mesir), danditentang pihak pihak konservatif. Indonesia secara eksplisit menolak.Di tahun yang sama pula Afrika Selatan menjadi negara pertama denganjaminan non-diskriminasi berdasarkan orientasi seksual dalam UUD-nya.

Akibatdari diskriminasi terhadap kaum Homo/ Waria/ Lesbian pada tahun 1995Isyu orientasi seksual, diperjuangkan oleh aktivis-aktivis lesbian/Homo/ Waria, mencuat pada Konferensi Dunia tentang Perempuan ke-2 diBeijing, Tiongkok. Kembali pihak-pihak konservatif, termasuk Vatikandan Iran, menentangnya. Indonesia juga termasuk yang menentang.

PadaApr 2001 Negeri Belanda menjadi negeri pertama yang mengesahkanperkawinan untuk semua orang (termasuk gay dan lesbian). Salah seorangdari pasangan yang kawin harus warga atau penduduk tetap Belanda.

Daritahun 2001 sampai 2003 masalah HAM terhadap kaum maksiat ini semakindiperdebatkan akibat dari rasisme, dan diskriminasi yang dilakukan olehpihak-pihak yang menentang. Hal ini semakin jelas, pada saat Brasilmengusulkan kepada Komisi Tinggi PBB untuk HAM agar orientasi seksualdimasukkan sebagai salah satu aspek HAM. Pengambilan keputusan ditunda.Dalam prosesnya, Vatikan mendesak pemerintah-pemerintah Amerika Latinlainnya untuk menentang usulan ini.

Komentar penulis (Kenny G)

Dalamartikel yang saya buat kali ini memang lebih cendrung terhadappenyimpangan yang dilakukan oleh laki-laki dari pada perempuan. Haltersebut dikarenakan lebih banyak penyimpangan gender yang dilakukanlelaki dari pada perempuan.

Pendapat Pribadi
Sekarang anda sudah tahukah bukan kalau Kegiatan Homoseksualtersebut merupakan salah satu faktor awal yang memicu penyakit HIV/AIDS. Penyakit ini bertanggung jawab atas hilangnya jutaan nyawamanusia, dan jutaan masa depan manusia di dunia ini. Oleh karena itusaya sendiri tidak melegalkan/mengakui kegiatan homo. Mengapa?, karenahal tersebut bisa mempengaruhi kaum-kaum muda untuk ikut terjerumusdalam hal tersebut. Dalam beberapa kasus penyimpangan gender seringkali terjadi akibat lingkungan yang mendukung, contohnya seperti :lingkungan yang dikelilingi waria/ homo, lingkungan tersebut dapatmerubah orang normal menjadi Waria / Homo.

Yahterlepas dari hal tersebut, faktor penentu selalu dari dalam dirimanusia itu sendiri, barang siapa yang kuat Imannya kepada Tuhan makaia tidak akan terjerumus dalam hal bodoh seperti itu. Mana ada Agamayang baik yang memperbolehkan seseorang untuk menjadi Homo atau Waria?
Sejarah Asal Usul Gay dan Waria Sampai Sekarang 4.5 5 DimazRian Andamungkin sudah sering sekali mendengar kata Waria/ banci, tetapisudahkah anda tahu arti dari kata tersebut dan dari manakah waria /banci ...