Rahasia Orang yang Berjalan Di Atas Api Tanpa Magic

 

Rahasia Mengapa Orang Bisa Berjalan di Atas Api
Aksiatau permainan berjalan di atas bara api tanpa mengalami luka sudahsering kita lihat. Ada dugaan orang-orang yang melakukan itumenggunakan sihir karena tubuhnya tidak hangus berjalan di atas api.

Tapi ada penjelasan ilmiah kenapa seseorang bisa berjalan di atas bara api tanpa terbakar?

Yang pertama, kebanyakan aksi berjalan di atas api mengggunakan api yang berasal dari potongan kayu.
Potongan-potongankayu ini terdiri dari banyak senyawa karbon, beberapa molekulorganiknya mudah menguap termasuk menguapkan air.

Molekulorganik ini akan mudah untuk menguap jika dipanaskan, karena panas yangdikeluarkan oleh api akan menguapkan semua senyawa organik volatil(mudah menguap) dan juga air. Sehingga yang didapatkan hanya senyawakarbon yang hampir murni dan karbon adalah merupakan salah satu unsuryang ringan.

Struktur dari karbon ringan merupakan penghantarpanas yang buruk, sehingga dibutuhkan waktu yang relatif lama untukmentransfer panas dari bara ke kulit seseorang.Tapi jika bara yangdihasilkan berasal dari bahan logam, maka perpindahan panas akanterjadi dalam waktu seketika dan seseorang akan mendapatkan luka bakarparah.

Kedua, abu yang dihasilkan dari proses pembakaran jugabisa bertindak sebagai penghambat panas atau lapisan isolator, sehinggaperpindahan panas ke kulit seseorang akan menjadi lebih lambat.

Bukanberarti tidak mungkin terbakar sama sekali, karena perpindahan panasmasih bisa terjadi. Jika seseorang berdiri diam di atas bara selamabeberapa waktu, maka orang tersebut pasti akan mendapatkan luka bakaryang cukup serius.

Namun jika seseorang membatasi kontakkulitnya dengan bara api misalnya dalam jangka waktu yang sangatsingkat atau berjalan dengan cepat, maka kaki tidak akan mendapatkanpanas yang cukup untuk membakar kulitnya.Itulah kenapa aksi-aksiberjalan di atas api memang tidak membuat seseorang terbakar. Tapimemang tidak mudah melakukannya dan dibutuhkan keahlian tertentu.

Lukabakar sendiri akan terjadi jika tubuh terpapar oleh suatu zat yangbersuhu tinggi dan salah satu penyebab utama kecelakaan luka bakaradalah terpapar api.
Berdasarkan derajat kerusakan jaringan, maka luka bakar dibedakan menjadi 3 tipe, yaitu:

Luka bakar derajat 1,
yakni kerusakan pada lapisan epidermis yang ditandai dengan bengkak ringan di daerah tersebut, kulit kemerahan dan luka lecet.

Luka bakar derajat 2,
yaknikerusakan meliputi epidermis dan sebagian dermis (lapisan kulit yanglebih dalam), timbul rasa nyeri, infeksi dan terkadang dehidrasi.

Luka bakar derajat 3,
yakni kerusakan meliputi seluruh lapisan dermis, mengenai lapisan otot dan tulang serta terjadi infeksi.

sumber
Rahasia Orang yang Berjalan Di Atas Api Tanpa Magic 4.5 5 DimazRian Rahasia Mengapa Orang Bisa Berjalan di Atas Api Aksiatau permainan berjalan di atas bara api tanpa mengalami luka sudahsering kita lihat. Ad...