Membedakan Berbagai Jenis Cokelat dan Manfaatnya

 

Couverture



Couvertureadalah jenis cokelat terbaik. Cokelat ini murni dengan persentase lemakkakaonya yang tinggi, sehingga menghasilkan flavor yang sangat baik.Biasanya digunakan untuk pembuatan produk cokelat buatan tangan.Sebelum digunakan, cokelat jenis ini melalui proses temper (dilelehkan)terlebih dahulu.


• Cokelat tawar



Cokelatjenis ini baik digunakan untuk kue, cake, dan aneka makanan ringanlainnya. Persentase massa kakao bervariasi, antara 30-70 persen.Semakin tinggi konsentrasi massa kakao, semakin baik flavor-nya.


• Cokelat susu



Jeniscokelat yang satu ini merupakan campuran gula, kakao, cokelat cair,susu, dan vanila. Cokelat jenis ini paling banyak dikonsumsi. Massakakaonya cukup rendah, hanya 20 persen dan rasanya lebih manisdibandingkan cokelat tawar. Cokelat satu ini pasti disukai anak-anakkarena bisa langsung disantap dengan rasa yang manis. Kandungan susunyamembuat rasa menjadi lebih lembut. Jika Anda hendak membuat kue,cokelat jenis ini bukanlah pilihan yang baik. Selain kandungancokelatnya relatif sedikit, cokelat ini mudah hangus bila dilelehkan.

• Cokelat putih



Cokelatyang umumnya berwarna putih ini tidak mengandung massa kakao yangtinggi. Selain dikonsumsi langsung, cokelat putih kerap digunakan untukdekorasi. Cokelat ini terbuat dari lemak cokelat, gula, dan vanili yangtidak mengandung cokelat padat. Karena mudah hangus, ada baiknyadimasak secara hati-hati.


• Kakao



Produkcokelat satu ini terbuat dari massa kakao setelah lemak kakaonyadipisahkan. Produk ini sangat mudah diolah dan ekonomis. Bisa didapatidi warung-warung sekitar tempat tinggal Anda.


• Cokelat cair



Cokelatcair merupakan produk minuman yang mengandung massa kakao danmengandung kadar gula tinggi. Kadar gulanya, disebut-sebut sebagaibiang keladi meningkatnya berat badan.

sumber
Membedakan Berbagai Jenis Cokelat dan Manfaatnya 4.5 5 DimazRian Couverture Couvertureadalah jenis cokelat terbaik. Cokelat ini murni dengan persentase lemakkakaonya yang tinggi, sehingga menghasilkan flav...