Legenda I Kebo Iwa, Orang Sakti Dari Bali Yang Ditakuti Mahapati Gajahmada

 

Dikisahkandi Bali adalah raja bernama Sri Gajah Waktera (Dalem Bedaulu), bergelarSri Astasura Ratna Bumi Banten yang dikatakan sebagai seorang pemberaniserta sangat sakti. Disebabkan karena merasa diri sakti, maka keluarlahsifat angkara murkanya, tidak sekali-kali merasa takut kepada siapapun,walau kepada para dewa sekalipun.

Sri Gajah Waktera mempunyaisejumlah pendamping yang semuanya memiliki kesaktian, kebal serta jugabijaksana yakni : Mahapatih Ki Pasung Gerigis, bertempat tinggal diTengkulak, Patih Kebo Iwa bertempat di Blahbatuh, keturunan Kyai KarangBuncing, Demung I Udug Basur, Tumenggung Ki Kala Gemet, MenteriGirikmana – Ularan berdiam di Denbukit, Ki Tunjung Tutur di Tianyar, KiTunjung Biru berdiam di Tenganan, Ki Buan di Batur, Ki Tambiak berdiamdi Jimbaran, Ki Kopang di Seraya, Ki Kalung Singkal bertempat tinggaldi Taro. Sri Gajah Waktera menentang dan tidak bersedia tunduk dibawahkekuasaan Majapahit, sehingga menimbulkan ketegangan antara KerajaanBali dan Kerajaan Majapahit.

Dalam rapat yang diadakan oleh RatuTribhuwana Wijayatunggadewi dengan para Mentri Kerajaan, Patih GajahMada menyampaikan sindiran secara halus melalui seorang pendeta istana(Pendeta Purohita) yang bernama Danghyang Asmaranata


Rapatakhirnya memutuskan bahwa sebelum Gajah Mada melakukan penyerangan keBali maka Kebo Iwa sebagai orang yang kuat dan sakti di Bali harusdisingkirkan terlebih dahulu. Jalan yang ditempuh dengan tipu muslihatyaitu raja putri Tribhuwana Tunggadewi mengutus Gajah Mada ke Balidengan membawa surat yang isinya seakan-akan raja putri menginginkanpersahabatan dengan raja Bedahulu.

Keesokan harinya berangkatlahpatih Gajah Mada ke Bali dan singkat cerita sampai di Sukawati,Gianyar. Di Sukawati Patih Gajah Mada dijemput oleh Kipasung Grigisyang sudah mengetahui perihal kedatangan patih Gajah Mada tersebut keBali. selanjutnya Kipasung Grigis mengantar Gajah Mada menghadap rajakarena diutus oleh ratu Tribhuwana untuk menyampaikan pesan kepada RajaSri gajah Waktera.

tempat ketemu Kipasung Grigis:

DihadapanRaja Sri Gajah Waktera patih Gajah Mada menyampaikan maksudkedatangannya dan menyerahkan surat dari Ratu Majapahit TribhuwanaTunggadewi yang menyatakan memohon agar pulau Jawa tidak diserang dajuga untuk mempererat hubungan maka Kebo Iwa diundang ke Majapahituntuk dinikahkan dengan salah satu putri kerajaan.

Raja SriGajah Waktera yang gembira segera memerintahkan Kebo iwa memenuhiundangan tersebut. singkat cerita Kebo Iwa dan gajah mada telah sampaidi Majapahit. di sana kebo iwa diminta memperlihatkan kesaktiannyasekaligus menolong rakyat yang dilanda kekeringan. saat itu pula keboiwa menggali tanah untuk menemukan sumber air dengan tangan kosong.saat cukup dalam gajah mada memerintahkan Prajuritnya menimbun lubangitu dengan batu sampai rata kembali dengan tanah

Pura Gunung Kawi, Bali
kesaktian Kebo Uwa mengukir batu dengan kukunya



Merasatelah membunuh kebo iwa yang sakti, Gajah mada menyayangkan kalau oranghebat seperti kebo iwa harus mati dengan cara seperti itu, tapi itudemi cita-cita menyatukan nusantara. Tiba-tiba Batu-batu yangditimbunkan melesat kembali keangkasa dibarengi dengan teriakanprajurit Majapahit yang terhempas batu. Dari dalam sumur, keluarlahPatih Kebo Iwa, yang ternyata masih terlalu kuat untuk dikalahkan.

PatihGajah Mada terkejut, menyaksikan Patih Kebo Iwa yang masih perkasa, danberanjak keluar dari lubang sumur. Kesaktian Patih Kebo Iwa, sungguhmenyulitkan usaha Patih Gajah Mada untuk menundukkannya. Pertempuranantara keduanya masih berlangsung hebat, namun amarah dan dendam PatihKebo Iwa mulai menyurut…Dan rupanya Patih Kebo Iwa tengah bertempurseraya berpikir … Dan apa yang tengah dipikirkan olehnya, membuat diaharus membuat keputusan yang sulit… Kebo Iwa : (dalam hati) KerajaanBali pada akhirnya akan dapat ditaklukkan oleh usaha yang kuat dariorang ini, keinginannya untuk mempersatukan nusantara agar menjadi kuatkiranya dapat aku mengerti kini. Namun apabila, aku menyetujui niatnyadan ragaku masih hidup, apa yang akan aku katakan nantinya pada BagindaRaja sebagai sangkalan atas sebuah prasangka pengkhianatan ?

Mengetahuikeinginan yang kuat dari gajah Mada untuk menyatukan nusantara, KeboIwa akhirnya memberitahukan gajah mada kelemahan dirinya agar ia bisadikalahkan. Gajah Mada yang kewalahan merasa keheranan mendengar itudan langsung melakukan apa yang dikatakan oleh Kebo iwa. Setelahmenyerang kelemahan Kebo Iwa yang akhirnya membuat Kebo iwa sekarat, iaberkata pada Gajah mada semoga ia dapat menuaikan Sumpah Palapanya.Mendengar pernyataan itu, Gajah mada bersedih karena pahlawan saktiseperti Kebo Iwa harus mati seperti itu.
Legenda I Kebo Iwa, Orang Sakti Dari Bali Yang Ditakuti Mahapati Gajahmada 4.5 5 DimazRian Dikisahkandi Bali adalah raja bernama Sri Gajah Waktera (Dalem Bedaulu), bergelarSri Astasura Ratna Bumi Banten yang dikatakan sebagai seora...