Festival - festival Aneh dan Unik Dunia

 

Anda ingin menyaksikan hal-hal ekstrim dan aneh serta belum pernahdilihat sebelumnya? Dunia punya ratusan jenis festival dan selebrasiyang bisa mengundang decak keheranan kita.

Salahsatu wilayah yang punya banyak sejarah festival adalah Amerika Latindan Eropa. Festival sendiri diartikan masyarakat mereka sebagai suatuselebrasi sukacita dan perayaan untuk mengenang sesuatu. Tidak jarangtradisi itu berlanjut hingga ratusan tahun dan justru menjadi dayatarik pariwisata bagi turis mancanegara. Seperti contohnya Carnaval Riode Janeiro yang terkenal di Brasil. Kini sedikitnya tiga juta pasangmata menyaksikan festival yang memadukan tarian, nyanyian hingga paradegadis-gadis cantik dalam kostum berwarna-warni di jalanan ibukotatersebut.

El Colacho


Festival melompati bayi bernama El Colacho

Sekarangkita pergi ke Spanyol, tepatnya di desa Cstrillo de Murcia. Disanasejak ratusan tahun lalu masyarakat lokal telah merayakan El Colachoatau festival lompat bayi. Kenapa dinamakan demikian? Sebab menuruttradisi dan kepercayaan mereka dengan cara melompati bayi dapatmengusir roh jahat yang mengganggu si bayi. Banyak orang dewasa danorang tua menyerahkan bayinya untuk diikut sertakan dalam acara ini.Dan biasanya para peserta kontes adalah orangtua bayi itu sendiri.Mereka berpakaian dan berkostum seperti setan untuk merepresentasikanbahwa iblis telah keluar dari tubuh si anak. Sementara pemimpin umatKatolik sedunia, Paus Benedictus XVI secara terang melarang umat untukberpartisipasi dalam festival tersebut karena sangat berbahaya danmenodai perayaan Corpus Christi yang digelar bersamaan dengan ElColacho.

Festival serba tomat La Tomatina

Untukurusan festival tampaknya Spanyol punya banyak festival yang seru danunik. Coba lihat acara yang dinamakan La Tomatina di kota Bunol,Valencia ini. Apa yang terpikir di benak Anda saat mendengar namanya?Betul sekali, festival ini berhubungan dengan buah tomat! Setiaptahunnya di hari Rabu terakhir di bulan Agustus sekitar 9 ribu penduduklokal dan puluhan ribu turis pergi ke pusat kota untuk saling melempartomat satu sama lain. Festival ini dilakukan untuk menghormati VirginMary dan St. Louis Bertrand. Kabarnya tradisi ini telah ada sejak tahun1940-an dan kini telah mendapat restu dari pemerinah kota setempat.

Festival Melempar Kambing

Nah,masih di Spanyol, kita bergeser ke desa kecil bernama Manganeses de laPolvorosa. Secara turun temurun masyarakat sekitar telah melakukanfestival atau ritual “aneh” demi menghormati St. Vincent de Paul, sangpelindung suci mereka. Festival ini dinamakan Melempar Kambing dandiadakan setiap tahun baru di hari Minggu terakhir bulan Januari.Ritualnya melibatkan seorang pemuda yang naik ke menara gereja untukkemudian melemparkan kambing dari atas. Kambing itu harus ditangkapoleh orang-orang yang berkerumun di bawah dengan menggunakan kainterpal. Aksi ini jelas mengundang protes dari pecinta hewan. Bahkanpetinggi desa sendiri telah melarang namun tidak diindahkan olehpenduduk setempat. Aneh!

Festival Menggelindingkan Keju





Kitapergi ke daratan Inggris. Disana tepatnya di kota Gloucestershirependuduk mempunyai Festival Menggelindingkan Keju. Tidak jelas maksuddan tujuan dari diadakannya acara ini namun dewan kota tidak melarangsebab terbukti mampu menghidupkan pariwisata di kota kecil tersebut.Setiap bulan Mei penduduk local segera pergi ke bukit Cooper sebagaitempat digelarnya festival. Acara dimulai dengan cara seseorangmelemparkan keju dari atas bukit dan kemudian ratusan orang berlarimengejar keju tersebut menuruni lereng yang terjal. Setiap tahun selaluada korban luka dalam acara ini, itulah sebabnya anak-anak di bawahusia 15 tahun dilarang berpartisipasi.



Oktoberfest yang identik dengan bir, keju dan wanita ..


festival Memukul Angsa



Jermanjuga punya festival yang unik, kita mengenal Love Parade di Berlin danBeer Festive di Munich. Namun salah satu festival yang telah dirayakansejak lama oleh penduduk Bavaria adalah festival Memukul Angsa. Sampaisekarang, festival tahunan ini diadakan di Jerman dimana seekor angsadiikat kakinya dan dipukuli orang lokal sampai kepalanya putus. Karenaadanya protes dari aktivis pecinta hewan, festival ini sekarangdilakukan dengan memukuli angsa yang sebelumnya sudah mati. Kegiatanyang sama diadakan di Spanyol setiap tahun di mana orangmenggantunggkan angsa sampai kepalanya putus. Festival dari Spanyol inibernama Antzare Eguna dan telah ada sejak tiga setengah abad yang lalu.

festival bir dan alkohol


Sedangkanfestival bir dan alkohol yang paling dikenal di dunia adalahOktoberfest di Jerman. Dalam acara ini dihadirkan puluhan jenis minumanbir hangat dan dingin serta aneka minuman alkohol lain. Digelar selama16 hari mulai pertengahan September sampai bulan Oktober setiaptahunnya. Para peserta juga disuguhi aneka makanan khas Jerman sepertisosis daging babi yang terkenal dengan nama Schweinsbraten, ayampanggang Hendle, kemudian daging has babi Haxn, filet ikanSteckerlfisch, kue kentang Reiberdatschi dan mie keju Kaasspotzn.Lezaaat…

Masyarakat Eropa memang dikenal sebagai masyarakat yangsenang dengan perayaan dan fiesta. Bagi mereka membagi kebahagiaanbersama keluarga dan orang-orang terdekat menjadi kegiatan yang patutdirayakan. Sedangkan kita di benua Asia juga merayakan hal-hal tersbutmeski bentuknya sangat berbeda. Apapun itu, keberadaan festival atauperayaan budaya memang menjadi magnet yang menarik bagi para wisatawanmancanegara. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh pemda setempat untukmenjaring devisa dan pemasukan bagi daerahnya. Bagaimana dengan diIndonesia? Sudahkah pemda dan departemen terkait mengemasfestival-festival unik di seluruh Nusantara menjadi pundi-pundimenimbun devisa?

Festival Bayi Menangis di Jepang....

Tradisiyang dilakukan setiap tahunnya merupakan tradisi yang sudah 400tahun.Para orang tua di Jepang meyakini bahwa bayi yang selalu menangisbaik bagi kesehatannya dan terhindar dari roh jahat.

Bayi-bayiyang ikut digendong oleh para pegulat sumo.Mereka mencobamenakut-nakuti bayi-bayi tersebut hingga menangis.Bayi yang menangisnyapaling keras dan lama dianggap sebagai pemenangnya.Untuk tahun ini bayiyang berpantisipasi pada festival ini adalah 80 bayi.Ehm…..ada-adasaja, suatu tradisi yang perlu dilestarikan
Festival - festival Aneh dan Unik Dunia 4.5 5 DimazRian Anda ingin menyaksikan hal-hal ekstrim dan aneh serta belum pernahdilihat sebelumnya? Dunia punya ratusan jenis festival dan selebrasiyang b...