Fakta Mengerikan Seputar Perjalanan Angkasa

 

Anda bercita-cita untuk menjadi seorang astronot? Atau memimpikan inginberjalan-jalan ke luar angkasa? Jangan melulu bayangkan hal yangindah-indah.

Seperti dikutip dari Discovery, ada beberapa fakta yang "menarik" seputar kepergian ke luar Bumi itu.


Bangkai Makhluk Hidup
Penelitian dan eksplorasi ruang angkasa telah mengorbankan sejumlahnyawa makhluk hidup, terutama hewan. Jika Anda mengira mengorbankanmonyet dan anjing di lab-lab pengujian atas nama ilmu pengetahuan diBumi, sudah cukup buruk, bayangkan hal ini.

Sejumlah misi luar angkasa awal melibatkan prosedur re-entri ke Bumi.Sayangnya, tidak seluruh pesawat ulang alik berhasil. Diperkirakan,kini banyak bangkai anjing dan simian, jenis monyet yang mirip denganmanusia, yang telah menjadi mumi terus mengorbit Bumi sampai saat ini.

Kebocoran Udara
Alexei Leonov merupakan kosmonot Rusia pertama yang berjalan di ruangangkasa pada tahun 1965 lalu. Sayangnya ia mengalami kebocoran udaradan bahan pakaian mengalami kaku yang tidak diantisipasi sebelumnya.

Kakunya material kostum memaksa ia berupaya kembali ke dalam kapsuldengan susah payah. Ia terpaksa harus menurunkan tekanan di dalamkostum dengan risiko bahan kostum itu menggencetnya ke dalam.

Belum selesai sampai di situ, Voskhod, pesawat yang ia tumpangi melesetdari jalur dan mendarat di pegunungan Ural. Ia terpaksa tetap tinggaldi dalam kapsul ruang angkasa tersebut di dalam sampai pertolongantiba. Di luar, serigala lapar sudah menunggu.

Toilet
Pada 5 Mei 1961, astronot Alan Shepard lebih memilih untuk kencing dicelana di pesawat Freedom 7 yang ia tumpangi. Andrew Chaikin, penuliskhusus luar angkasa mendeskripsikan, perjalanan ke orbit demikianmengerikan.

Ia menuliskan bahwa toilet di ruang angkasa hanyalah berbentukpembungkus seperti topi dengan lapisan perekat di pinggirnya. Astronotperlu mengoleskan atau memberikan lapisan anti kuman setelah ia buanghajat.

Nasihat para astronot bagi yang terpaksa memenuhi panggilan alamadalah: telanjang, siapkan waktu sekitar satu jam, dan bawa tisubanyak-banyak. Lakukan secepat mungkin sebelum urin membeku.

Dekompresi Mendadak
Tiga orang astronot Soyuz 11 tewas saat pesawat itu melepaskan tekananudara saat akan masuk kembali ke atmosfir. Tahun 1965, seorang teknisidari Johnson Space Center, Houston, AS berhasil hidup dan menceritakanpengalaman serupa.

Saat ia berada di ruang vakum, kecelakaan terjadi dan secara tidaksengaja, kostum luar angkasa yang ia gunakan kehilangan tekanan.Sebelum ia kehilangan kesadaran, yang ia rasakan adalah sensasi lembabyang ia rasakan di lidah terasa seperti mendidih.

Tidak seluruh pakar sepakat seputar gejala dekompresi mendadak. Akantetapi, beberapa kemungkinannya adalah daging yang membengkak, darahmenguap, bola mata meletus, dan pecahnya paru-paru.
Anda masih tertarik untuk pergi ke ruang angkasa dalam waktu dekat?
Fakta Mengerikan Seputar Perjalanan Angkasa 4.5 5 DimazRian Anda bercita-cita untuk menjadi seorang astronot? Atau memimpikan inginberjalan-jalan ke luar angkasa? Jangan melulu bayangkan hal yangindah...