12 Rahasia Dari Filem Doraemon Yang Tidak Banyak Diketahui

 

Siapasih yg nggak kenal Doraemon? Tokoh titular robot kucing yg lucu &menggemaskan ini memang sdh jadi sebuah sosok "Lintas Generasi." Sytanya sama Nenek, Ibu, Om, Tante, dll dari saya saja.. semua segeratahu & tanggap plus pasang senyum sumringah kalau ditanya atausuruh membahas soal tokoh anime/manga besutan duo Fujiko Fujio ini.

Nah...selama ini, sebagai seorang Doramaniac (istilah yg aneh, memang), sayakira selama ini saya sudah tahu hampir segala hal mengenai Doraemon...namun ternyata tidak! Bgmn dgn agan2 sekalian?

Yuk, mari kitauji pengetahuan Anda di mengenai si robot kucing biru ini dgn beberapafakta2 menarik mengenai Doraemon yg saya kumpulkan dari berbagaisumber...

1. Apakah arti nama "Doraemon"? Nama Doraemonsebenarnya diciptakan dari 2 patah kata: Dora & Emon. Dora adalahsemacam plesetan dari "Nora" yg berasal dari "Nora-Neko" yakni straycat. Emon adalah semacam kata tambahan tradisional untuk nama darimanusia atau binatang yg berjenis kelamin laki-laki, misalnya IshikawaGoemon.
Secara harafiah, nama Doraemon bisa diartikan "Stray malecat" (kucing liar jantan) Dora sebenarnya bisa juga berarti "gong"(inilah "dora" yg dipakai dalam nama kue dorayaki)... Meski bukan itu"dora" yg dipakai di nama Doraemon... namun ini menjadi semacamplesetan, di mana tubuh Doraemon memang bundar-bundar seperti gong.

2.Apa kode produksi dari Doraemon? Ya! Doraemon memiliki kode produksiternyata, yakni MS-903. Ini adalah nama asli Doraemon sebagai robot,& dengan nama inilah ia dipanggil oleh sang pemilik pabrik robot dimana ia diproduksi. Nama ini disebutkan dalam episode ulang tahunDoraemon tahun 2007.

3. Kapan Doraemon Selesai Diproduksi ? 3 September 2112 adalah tanggal di mana Doraemon selesai diproduksi

4.Apa angka keberuntungan dari Doraemon? 1293 ...& ane sendiri belumtahu apa maksudnya... (ada juragan yg bisa kasitau makna dari 1293ini?) Doraemon memiliki berat 129,3 kg (285 lbs) & tingginya 129,3cm (4'3 "). Ia bisa berlari sampai 129,3 km / jam (80,3 mph) ketikaketakutan & melompat 129,3 cm (424,2 kaki) ketika terancam bahaya.
Kekuatan maksimumnya 129,3 bhp. Lingkar pergelangan tangannya 129,3 mm.
lingkarkepalanya & lingkar da&ya adalah 129,3 cm. Kakinya berdiameter129,3 mm. Ia diproduksi pada September 3, 2112 (lagi-lagi 12/9/3), diPabrik Robot Matsushiba.

5. Siapa mantan pacar Doraemon di abad22? Noramyako. Ia disebutkan di Bonus Data-Data Doraemon di Tankoubonvolume 11. Noramyako memutuskan Doraemon gara2 Doraemon dirasa terlalupendek untuknya (setelah kupingnya putus digigit tikus).

6. Apawarna asli Doraemon? Warna cat asli Doraemon adalah kuning. Setelahtahu bahwa telinganya digigit tikus, ia dalam depresi, menyelinap keatas menara, di mana ia minum ramuan berlabel "kesedihan". Ketika iamenangis, warna kuningnya luntur & suaranya berubah karena ramuantsb. Doraemon pandai bahasa Inggris, gan, karena paham istilah bahasaInggris "In Blue" ygartinya "sedang sedih"

7.Apakah DoraemonSekolah ? Ya. Menurut serial spin-off dari Doraemon "The Doraemons",nama sekolah dari Doraemon sederhana saja, yakni Robot School

8.SiapaNama Gurunya Nobita yang sering marah -marahi nobita ? Tokoh Pak Guruygsebenarnya juga sangat mencemaskan Nobita (tapi dasar Si Nobitamales2an aja, jadi ya...) ini memang sebenarnya dari awal tidakmempunyai nama & hanya disebut Sensei aja. Namun, pada versiygdiputar di Nihon Television, ia diberi nama asli "Ganari"

9.Kenapa Doraemon Dan Dorami Dikatakan Saudara ? Ini menjadi misteri yangmenarik... mengapa Doraemon dan Dorami disebut sebagai kakak beradik?Ternyata, karena mereka berdua "dilahirkan" dari satu tangki minyakyang sama...dan "Doraemon" lahir lebih dahulu dari Dorami (2 tahunlebih tua), sehingga ia disebut "kakak", kemudian Dorami juga disewaoleh keluarga Sewashi setelah Doraemon, sehingga ia disebut "adik."

10.Kenapa Dorami Lebih Hebat Daripada Doraemon ? Menurut data, Doramilebih hebat dari Doraemon... Dorami mampu menghasilkan energi sebesar10000 tenaga kuda, silakan bandingkan dengan Doraemon yang hanya bisamengeluarkan sebesar 129.3 tenaga kuda (angka hokinya Doraemon nih )Tapi kalau "lebih popular yang mana...?", ane rasa agan2 tau sendiri lah

11.AsalMula Munculnya Dorami Dalam Kehidupan Nobita ? Dorami sebenarnya tidaklangsung muncul dalam keluarga Nobita, namun di keluarga cicit-cicitnyaNobita di abad 22 yakni Sewashi. Dorami dibeli untuk menggantikanDoraemon, yang dikirim untuk menemani Nobita. Yang memiliki Doramiadalah Sewashi dan yang mengirim Dorami (dan Doraemon) juga Sewashi.Dorami biasanya dikirim untuk menggantikan tugas Doraemon menjagaNobita apabila Doraemon sedang dalam urusan penting sehingga ia tidakbisa menemani Nobita, misalnya saat ia harus di-tune up di pabrik.

12.KenapaDoraemon Takut Sama Tikus ? Doraemon takut sama tikus karena traumasebab kuping robotnya digerigiti robot tikus juga saat ia tidursiang...tapi ane yakin bukan ini jawaban yang dicari aganMengapa"harus" takut sama tikus?
Jawabannya mungkin agak tidakbermutu dan sama sekali BUKAN fakta, hanya sekedar opini ane: ya karenaFujiko Fujio maunya begitu.

Was I joking? No, seriously! FujikoFujio terkenal dengan imajinasi mereka yang tinggi bahkan di karya2mereka selain Doraemon. Mereka gemar menciptakan unsur2 humor segaryang bahkan belum pernah dikemukakan di zaman itu. Anggaplah mereka iniJK Rowling-nya Jepang di zaman baheula.
Dengan dasar pikiranbegitu...saya hanya menebak-nebak bahwa duo Fujiko Fujio tahu, bahwadengan menciptakan reversed hunting (tikus menakuti kucing, kucingmenakuti anjing, manusia menakuti hantu) sebagai running gag diDoraemon... maka akan menambah unsur komedi yang ajeg di serial ini,sekaligus mempertinggi kesan bahwa Doraemon adalah robot yang"adorable" dan tidak berbahaya bagi manusia sebab ia toh takut denganhanya....tikus, mangsa alaminya.
12 Rahasia Dari Filem Doraemon Yang Tidak Banyak Diketahui 4.5 5 DimazRian Siapasih yg nggak kenal Doraemon? Tokoh titular robot kucing yg lucu &menggemaskan ini memang sdh jadi sebuah sosok "Lintas Generas...