10 Cara Aneh Memperlakukan Mayat

 

Bisajadi dikuburkan setelah meninggal merupakan konsep paling sederhanayang bisa terjadi pada orang. Apalagi hal-hal berikut inisungguh-sungguh bisa saja terjadi pada Anda setelah wafat.

1. Menikah

Kematianbukanlah penghalang kalau cinta sudah bicara. Setidaknya di Cina.Pernikahan hantu, praktek yang menikahkan anggota keluarga dan saudaradengan pasangan yang cocok, hidup atau mati, masih merupakan sebuahpilihan.
Pernikahanhantu pertama kali muncul di legenda-legenda Cina 2,000 tahun yanglalu, dan melekat dalam budayanya sejak itu. Di satu masa, itudilakukan sebagai upaya membuat para perawan tua bisa menumbuhkanpenerimaan sosial terhadap kematian. Di masa lain, acara itu untukmenghormati putra-putra yang meninggal dengan mempersembahkan merekapengantin wanita yang masih hidup. Persamaannya, pernikahan-pernikahanini berfungsi secara relijius untuk membuat almarhum/ah lebih bahagiadi akhirat.
Meskipunbudaya ini sempat surut selama Revolusi Budaya Cina di tahun ’60an,laporan resmi mengatakan pernikahan hantu kembali marak. Saat ini,seringnya tujuannya adalah untuk memberikan sarjana-sarjana yangmeninggal seorang isteri, lebih diutamakan bagi mereka yang baru sajameninggal. Namun di negara dimana pria melebihi wanita dalam angkakematian dan juga yang hidup ini, sisi negatif dari ‘pengantin jenazah’mengantar pada insiden pembunuhan.
Ditahun 2007, terdapat dua kasus pria dusun yang membunuh PSK, PRT, danwanita yang sakit jiwa demi menjual tubuhnya sebagai isteri hantu.Lebih buruk lagi, mereka harus bayar. Menurut Washington Post dan TheLondon Times, seorang pengurus makam membeli tubuh-tubuh wanita lebihdari Rp20 juta dan menjualnya pada “calon mempelai” hingga mendekatiRp50 juta.
2. Buat ‘Gaul’-nya Orang-Orang Kaya
Saatini, kebanyakan kita berpikir mumi hanya sebagai artefak arkeologis,tapi bagi orang Mesir kuno, mumi se-umum hape. Jadi, kemana semua mumiitu menghilang? Pada dasarnya, mereka habis dimanfaatkan. Orang Eropadan Timur Tengah menghabiskan berabad-abad ‘merampok’ makam-makam Mesirkuno dan mengubah mayat-mayat berbalut perban menjadi komoditi berhargamurah. Dengan cepat, ramu-ramuan berbahan dasar mumi sempat populerseperti obat-obatan.
Diabad ke-16, Raja Francis I mengonsumsi secubit mumi untuk menghasilkantenaga, jadi seperti multivitamin khusus yang ‘tak sopan’. Mumi-mumilainnya, khususnya mumi hewan, digunakan untuk mesin uap dan penerangandi rumah-rumah. Sementara itu, mumi manusia lumayan sering menjadikorban di event-event sosial kaum Victoria. Selama akhir abad ke-19,populer bagi keluarga-keluarga jika mengadakan pesta pembongkaranperban mumi, dimana penodaan terhadap si mati dilanjutkan denganhidangan koktail dan hors d’oeuvres alias makanan penutup.
3. Mengelilingi Dunia Sebagai Karya Seni Berskandal
Dimulaipada 1996 dengan pertunjukan BODY WORLDS di Jepang, pemeran itumenampilkan tubuh-tubuh manusia yang terkuliti dan mengguncang museum.BODY WORLDS sudah menjalani kelahirannya yang keempat dan mengikutiacara-acara kompetisi seperti Bodies Revealed, menghasilkan pendapatanRp300M per tahun. Masalahnya, tidak selalu jelas darimana tubuh-tubuhitu berasal.
Dr.Gunther von Hagens, pria dibalik BODY WORLDS, telah mendokumentasikanbahwa tubuh-tubuh itu didonasikan secara sukarela ke organisasinya.Bagaimanapun, pesaing terbesarnya, Premier Entertainment, tidakmemiliki sistem donasi yang yang teratur dengan baik.
Merekamendapatkan mayat-mayat itu dari jenazah-jenazah yang tak diakui diCina. Dan disanalah terletak bahan pemikirannya. Para aktivis danjurnalis percaya “jenazah yang tak diakui” adalah ungkapan halus untuk“napi politik yang telah dieksekusi.”
Namunhal itu tidak diterbukti. Di tahun 2006, Kanada mengkomisikan laporanHAM yang menemukan tahanan politik Cina dibunuh sehingga organ-organmereka bisa disumbangkan bagi pasien pencangkokan. Dan pada Februari2008, ABC News mengekspos mantan pegawai dari salah satu perusahaanCina yang menyediakan mayat-mayat bagi Premier Entertainment. Dalamwawancara, dia mengklaim bahwa sepertiga tubuh-tubuh yang dia prosesmerupakan tahanan politik. Secara tak mengejutkan, pemerintah mulaimenaruh perhatian. Pada Januari 2008, Majelis Negara California melegespameran yang menggunakan tubuh manusia harus membuktikan bahwa semuatubuh itu didonasikan secara sukarela.
4. Jadi Bahan Bakar Untuk Orang se-Kota
Sebuah krematorium modern di Jepang
Mengkremasijenazah menguras banyak energi dan sumber daya yang tak bisadiperbaharui. Solusinya: multiguna. Beberapa krematorium di Eropamengganti pemanas konvensional dengan memanfaatkan panasnya yang bisamencapai 1000 derajat Celcius. Malah, sejak tahun 1997, kotaHelsingborg di Swedia menggunakan krematorium lokal mereka untukmenyediakan 10 persen dari panasnya untuk perumahannya.
5. Dijual Seperti Daging Tokoan
Menjualmayat selalu menjadi perbuatan beresiko yang menguntungkan. Di abadpertengahan, perampok makam menggasak kuburan dan menjual apapun yangmereka bisa gali keluar kepada dokter dan ilmuwan. Dan meskipunsekarang bisnis menjual mayat dan organ tubuh sudah jelas ilegal, takberkurang keraguan bahwa hal itu masih dijalankan.
Saatini, sistemnya berlaku seperti ini: Program donasi mayat sukarela,sering dijalankan oleh universitas-universitas, menyocokkan mayatdengan penelitian yang mereka butuhkan. Tapi karena mayat tak bisadijual bebas, makelar yang menyediakan tubuh-tubuh ini memasang tariftinggi untuk “pengiriman dan pengemasan.” Biaya pengiriman sebuah mayatutuh bisa sampai Rp10 juta, sementara organ-organ yang terpisah bisalebih murah. Kepala bisa seharga Rp5 juta; sebuah lutut Rp6,5 juta;batang tubuh Rp50 juta.
Karenamasalahnya, tubuh-tubuh yang diberikan sukarela sering tak sesuaipermintaan. Dan dengan uang segitu banyak yang bisa diterima perusahaanpemakaman, korupsi pun melonjak. Dalam tahun-tahun belakangan, koronertelah memergoki usaha pencurian kornea, teknisi krematorium tertangkapmengambil kepala dari mayat-mayat sebelum mereka dibakar, dan pegawaiuniversitas pada program donasi tubuh tertangkap mencuri mayat. Setelahdirektur program donasi tubuh sukarela-nya UCLA ditahan karena menjualorgan tubuh di tahun 2004, Negara Bagian California merekomendasikanmenandai mayat dengan tato bar code atau chip pelacak, seperti yangdilakukan pada hewan peliharaan. Harapannya adalah membuat mayat lebihmudah di inventariskan dan dilacak saat hilang.
6. Menjadi Atraksi Turis Rusia
Tokohrevolusi Rusia Vladimir Lenin ingin dikuburkan di tanah keluarganya.Tapi saat ia meninggal pada tahun 1924, Joseph Stalin memaksa menaruhjenazahnya untuk tontonan publik di Red Square, menjadikannya sepertibarang peninggalan sekuler komunis.
Akibatnya,sebuah organisasi bernama Research Institute for Biological Structuresdibentuk untuk menjaga tubuh Lenin agar tidak membusuk. Institut itutidak bercanda, dimana beberapa orang paling cerdas di Rusiamenghabiskan lebih dari 25 tahun bekerja dan tinggal di lokasi ituuntuk menyempurnakan pengawetan mayat ala sistem Soviet. Ilmuwan saatini masih menggunakan metode mereka, yang melibatkan kontrol iklim,seminggu dua kali dibersihkan dan dilincir (diberi minyak), dansemi-tahunan direndam dalam campuran 11 bahan herbal dan kimia. Takseperti kebanyakan jenazah, entah bagaimana, ketenarannya tak bertahanselamanya. Popularitas makam itu berkurang, dan pemerintah Rusia saatini mempertimbangkan memberikan Lenin pemakaman yang selalu ia inginkan.
7. Bermesraan Dengan Pengagum Beratmu
Von Cosel
Saatseorang wanita cantik bernama Elena Hoyos meninggal karena TBC diFlorida tahun 1931, hidupnya sebagai obyek pengalahgunaan dimulai.Pengagumnya, seorang teknisi X-ray lokal yang menyebut dirinya CountCarl von Cosel, membayar demi Hoyos dibalsem dan dikuburukan di makambesar diatas tanah. Kemudian, di tahun 1933, sang Count yang kreatifmencuri tubuh Elena dan menyembunyikannya di rumahnya. Selama tujuhtahun kemudiannya, dia bekerja untuk memelihara mayatnya, menggantidagingnya saat membusuk dengan gantungan baju, lilin yang dicetak, danplaster dari Paris. Dia bahkan tidur disamping tubuh Elena diranjangnya, hingga keluarga wanita itu menemukannya disana.
Dalamhingar-bingar media, lebih dari 6,000 orang tercatat menghadiri rumahduka untuk melihat Elena sebelum dia dimakamkan. Keluarganyamenguburkannya dia sebuah kuburan tak ditandai supaya si von Cosel takbisa menemukannya, tapi hal itu tidak menghentikan obsesi pria itu. VonCosel menulis tentang Elena untuk majalah fiksi picisan dan menjualkartu pos menyerupai diri Elena hingga dia ditemukan tewas di rumahnyapada tahun 1952. Di dekat tubuhnya ada sebuah boneka lilin berukuranhidup yang dibuat mirip Elena.
8. Tidak Menyebarkan Wabah Penyakit
Akibatbencana alam seperti tsunami, banjir dan badai, adalah umum jikamayat-mayat korban dikuburkan atau dibakar secara massal sesegeramungkin. Karena untuk mencegah menyebaran penyakit. Tapi menurut WHO,mayat tidak lagi bisa menyebarkan penyakit seperti orang hidup. Plus,kebanyakan penyakit tak bertahan lama dalam tubuh orang yang sudahmati. Jadi menurut WHO mayat-mayat itu tak bisa disalahkan.
Yangterjadi adalah: pasca bencana, orang sering berakhir di kamp-kamppengungsian dengan kebersihan yang buruk. Dan bagi wabah penyakit, ituseperti restoran all-you-can eat buffet. Disinilah terjadi penyebaran wabah penyakit. Oleh orang-orang yang masih hidup.
9. Menghadiri Pengadilan
Padatahun 897, Paus Stephen VI menuduh Paus Formosus atas sumpah palsu danpelanggaran peraturan gereja. Masalahnya Paus Formosus meninggalsembilan bulan sebelumnya. Stephen pun menggali mayat Paus yangmeninggal itu, memakaikannya pakaian kebesaran Paus, dan membawanya kepengadilan. Dia kemudian melanjutkan pelayanannya sebagai kepala jaksasaat dia dengan marah menguji mayat itu. Hasilnya sungguh menggelikan.Paus Stephen semakin menggila sampai-sampai sekelompok orangmelancarkan sebuah rencana pembunuhan terhadapnya. Dan sukses. Padatahun berikutnya, salah satu suksesor Paus Stephen mengembalikanpendirian Formosus, menyuruh agar mayatnya dikubur kembali dengansegala penghormatan.
10. Beku dan Rusak
Difasilitas pembekuan di seluruh dunia, orang mati tidak dibekukan lagi.Alasannya? Freezer bisa membakar. Seperti sayuran dan daging,membekukan tubuh manusia merusak jaringan, karena sel-sel pecah saatair didalamnya mengeras dan mengembang. Di masa sekarang dalampembekuan, teorinya adalah teknologi medis masa depan bisa mengatasikerusakan ini, seiring dengan mengobati penyakit apapun yang membunuhsi pasien.

Menyadaribahwa pembekuan langsung bukanlah pilihan terbaik, ilmuwan saat initelah membuat kemajuan signifikan dalam pembekuan (cryonic).Menggunakan proses yang disebut vitrification (pengacaan), airdi dalam tubuh digantikan dengan zat anti-beku. Tubuh kemudianditempatkan di suhu dingin, tapi tidak membentuk es. Di tahun 2005,peneliti melakukannya pada ginjal kelinci dan berhasil mengembalikannyadan membuatnya berfungsi kembali. Sebuah langkah besar dalam penelitiancryonic.
Tapisains masih harus membuktikan bahwa seluruh tubuh bisa dipulihkankembali. Bahkan lebih buruk, beberapa mayat yang dikacakan memunculkanretakan-retakan di tempat-tempat dimana tidak seharusnya tidak adaretakan. Sampai kekurangan itu bisa diatasi, harapan untuk dibekukanlalu dihidupkan kembali di masa depan masihlah sekedar mimpi.

10 Cara Aneh Memperlakukan Mayat 4.5 5 DimazRian Bisajadi dikuburkan setelah meninggal merupakan konsep paling sederhanayang bisa terjadi pada orang. Apalagi hal-hal berikut inisungguh-sung...