Honda Super Cub, Motor Terbaik Honda Sepanjang Masa

 

Quote:


Jakarta - Dari sekian banyak motor Honda yang beredar di Asia, motor tipe apakah yang menjadi motor terbaik? Ternyata motor terbaik Honda bukanlah CBR, melainkan Honda Super Cub. Motor bebek retro yang terkenal di era 60-70an silam.

Pemberian predikat motor terbaik Honda itu didasarkan pada kenyataan kalau Honda Super Cub merupakan motor Honda yang sangat laris. Motor ini telah berhasil terjual sebanyak 72 juta unit dan diproduksi di 15 negara.


Honda meluncurkan Super Cub pertama menggunakan mesin berkapasitas 50 cc pada bulan Agustus 1958. Sejak itu, begitu banyak versi telah diproduksi untuk mencerminkan inovasi terbaru perusahaan Jepang itu. Bahkan saking banyaknya, orang Honda pun tidak tahu persis berapa banyak desain Super Cub yang ada di dunia.


Awal mula kelahiran Super Cub adalah tahun 1954 ketika perusahaan motor berlambang sayap tunggal mengepak ini mengalami krisis terbesar sejak didirikan pada tahun 1948. Sebuah masalah pada mesin menyebabkan penjualan menurun.


Melihat hal itu, Pendiri dan Presiden Soichiro Honda pun mengeluarkan instruksi untuk mengembangkan kendaraan dasar yang baru. Takeo Fujisawa, mitra Honda, meminta agar motor yang dibuat nantinya menjadi "satu dengan basis pelanggan luas yang akan menopang Honda."


Melihat permintaan yang cukup berat itu, para insinyur pun tentu pusing. Akhirnya Honda, yang juga seorang insinyur membuat pernyataan yang membuat lega para peneliti "Jangan khawatir tentang berapa biaya untuk pengembangan. Itu akan ditebus melalui produksi massal," kata Honda ketika itu.


Akhirnya, karena biaya sudah tidak lagi jadi masalah, ide dan teknologi yang diadopsi pun membanjir pada proyek ini yang akhirnya mengarah pada pengembangan sepeda motor yang akan membuat nama Honda dikenal di seluruh dunia.


Proyek ini pula yang menjadikan Honda menjadi pabrikan motor pertama yang mengembangkan mesin empat langkah berkapasitas 50 cc, yang jauh lebih tidak berisik dan bahan bakar efisien dibanding mesin 2 langkah yang menjadi telah standar kendaraan kecil ketika itu.


Tapi meski berkapasitas kecil, melihat di zaman hanya beberapa jalan yang di aspal, motor pun juga dirancang untuk menghasilkan daya yang cukup untuk menyaingi mesin 90 cc dengan memberikan traksi lebih.


Dan sesuai dengan waktu, sasis juga dirancang dengan sudut rendah untuk memungkinkan perempuan yang mengenakan rok untuk naik dan mematikan motor dengan mudah.


Perubahan mesin pun sering dibuat untuk beradaptasi dengan kebutuhan pasar lokal sebuah negeri. Bila di Jepang, Super Cub hanya memiliki varian mesin 50 cc dan 110 cc, di negara-negara lain mesin yang digendong Super Cub berkisar dari 100 cc sampai 125 cc.


Presiden Honda sendiri yang langsung turun memastikan bahwa perhatian diberikan kepada rincian terkecil. Dia bahkan pernah melakukan pengetesan prototipe yang memiliki kotak pengiriman makanan dipasang di bagian belakang untuk menunjukkan fitur apa yang perlu diubah untuk memenuhi kebutuhan toko yang mungkin menggunakannya.


Setelah itu, tuas kopling yang biasa ada di stang kiri pun menghilang dan digantikan dengan pedal persneling otomatis. Ini adalah teknologi inovatif yang menginspirasi pengembangan transmisi otomatis di mobil beberapa tahun kemudian.


Jozaburo Kimura, 81, yang bertanggung jawab desain, mengingat, "Ada perasaan yang mampu mengatasi kesulitan untuk menghasilkan sesuatu yang berguna." Sesaat setelah kelahirannya, motor ini pun langsung menjadi trend. Motor ini juga segera menjadi kendaraan yang disukai para pekerja pos dan kurir surat kabar.


Perjuangan Honda untuk menjadi pabrikan nomor satu di dunia pun dapat dengan mudah dilangkahi berkat adanya motor ini. Karena pada akhir 1950-an, Jepang memiliki lebih dari 100 perusahaan kecil yang menjadi vendor dan membantu mereka membuat sepeda motor, dengan jumlah produksi sekitar 40.000 unit per bulan. Honda dengan cepat mendominasi dan di tahun 1960an bahkan mereka sudah keteteran untuk memenuhi permintaan pasar yang saat itu sudah mulai mereka dominasi berkat Super Cub.


Pada tahun 1959, Honda memperkenalkan anak perusahaan di Amerika Serikat dan dengan cepat memperoleh perhatian di tanah Harley-Davidson tersebut. Sementara di Asia Tenggara, Honda Super Cub mulai menginvasi seiring perang Vietnam yang berkecamuk.


Di akhir 1960an, seperti detikOto kutip dari Asahi, Selasa (9/8/2011) Honda Super Cub berhasil terjual sebanyak 750 ribu unit di Vietnam Selatan saja. Saat itu, motor ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk mengangkut hasil panen. Di Indonesia pun model ini juga cukup terkenal ketika itu.


Dan karena jasa-jasanya itu, Honda Super Cub pun dianggap sebagai motor terbaik yang pernah di jual Honda. Mobil ini pula yang membuat nama Honda melambung tinggi di berbagai negara.
SUMBER


Spoiler for Beberapa hasil modifikasi dari Super Cub:

Spoiler for Super Cub:

Spoiler for Super Cub:

Spoiler for Super Cub:

Spoiler for Super Cub:

Spoiler for Super Cub:

Spoiler for Super Cub:

Spoiler for Super Cub:




sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10060945


Honda Super Cub, Motor Terbaik Honda Sepanjang Masa 4.5 5 DimazRian Quote: Jakarta - Dari sekian banyak motor Honda yang beredar di Asia, motor tipe apakah yang menjadi motor terbaik? Ternyata motor te...